Anda Memiliki Pertanyaan Seputar SEMPOA SIP ?
JANGAN KHAWATIR ! Kami siap melayani Anda.

Hallo, saya orang tua murid dari Ignatius Jiphe Syahputra (Jiphe). Anak saya mengikuti sempoa pertama kali pada saat TK B di usia ke-5. Kebetulan sempoa baru buka di sekitar sekolah anak saya. Anak saya sekolah di SD Budi Agung, Bandengan. Jadi saya mendaftarkan Jiphe untuk belajar sempoa di TC Bandengan.

Jiphe sangat suka dengan angka, itu juga yang menjadi salah satu faktor saya memberikan les sempoa. Jiphe mengikuti Lomba Sempoa se-Jakarta Utara mendapat Juara Harapan 1 (baru mulai les selama 2bulanan). Lomba Amal 2014 mendapat Juara Harapan 1. Lomba Prakualifikasi TC Foundation 1 mendapat Juara 2. Lomba Kualifikasi 1 mendapat Peringkat 9. Lomba Family Day@Mall Lomba Sempoa mendapat Juara Harapan 2. Lomba Family Day@Mall Lomba Paper Craft mendapat Juara 3.

Sekarang Jiphe sudah masuk Foundation 2. Baru belajar perkalian, dia sudah cepat mengikuti materi yang diajarkan.

Tak lupa juga saya ingin mengucapkan terima kasih untuk Miss Melly dan Miss Ratna yang telah mengajarkan Jiphe. Keep Spirit yah Miss Ratna dalam mengajarkan Jiphe.. Hahaha.. :-)

God Bless Us..

Jenny Syahputra Ortu dari Jiphe

Jenny Syahputra
orang tua

Ass. Saya hikmah, saya sangat bangga pernah belajar di SEMPOA SIP Selama belajar di sana matematika saya sangat tinggi nilainya dari biasanya dan saya pernah jadi juara 2 loh teman.... Itu hal yg sangat berkesan bagi saya. Buat adek yang sementara kursus di sempoa saya harap berlatih terus ya!! 😊 Jujur saya semenjak tidak belajar sempoa lagi saya kehilangan konsentrasi dalam belajar 😂😂 Goodluck ya adik-adik!!

Hikmah fitri
Padang
alumni

Nama saya Cynthia Santosa saya orangtua murid dari Bianca D. Liong. Bianca les sempoa di TC Muara Karang mulai belajar sempoa sejak umur 3 tahun di bulan Agustus 2009 atas permintaannya sendiri, sekarang ini dia sudah kelas 3 SD di IPEKA PLUIT .Bianca les sempoa mulai dari Junior sekarang ini dia sudah Intermediate I. Awalnya saya memasukan Bianca les sempoa biar bisa hitung cepat tanpa menggunakan kalkulator. Dalam perjalanannya mengikuti kursus ini, dia juga aktif mengikuti perlombaan yang sering diadakan di sempoa. Saat pertama kalinya dia memenangkan Juara 2 level F1 dilomba amal tahun 2012 Sejabodetabek saya baru tersadar betapa cepat dia menghitung, saat itu dia masih berada dikelas 1 SD.

Kecepatannya dalam berhitung sangat membantunya dalam menghadapi pelajaran di sekolah terutama dalam menghitung aritmatika. Dalam kehidupan sehari-hari bila saya pergi berbelanja, Bianca membantu saya dalam menghitung belanjaan saya terutama jika ada barang diskon ibaratnya Bianca seperti kalkulator berjalan jadi begitu bergunanya sempoa. Selama mengikuti pelajaran sempoa Bianca juga menemui hambatan terutama dalam menghafal perkalian dasar di foundation 2 sehingga memperlambat dia untuk bisa naik ke level selanjutnya.Tetapi dengan kemauan dan semangat Bianca serta dukungan dari saya dan gurunya akhirnya dia dapat melewati tahap sulit itu.

Saat ini saya benar-benar merasakan manfaat dari belajar sempoa terlebih dalam hitungan bayangannya. Saya sampai takjub ketika melihat Bianca menghitung soal 2D/7B tanpa menggunakan sempoa, dan itu sangat membantu sekali ketika dia mengerjakan soal ulangan di sekolah. Intinya saya bangga dengan apa yang sudah diperoleh Bianca melalui les sempoa dia dapat meraih beberapa prestasi diantaranya : 1.Juara 2 lomba amal level F1 tahun 2012 2.Juara 1 level F3 tahun 2012 3.Juara 1 pra kualifikasi level F3 tahun 2013 4.Juara 1 level I1 tahun 2014 5.Peringkat 8 Kualifikasi BOBNAS Akhir kata saya ucapkan terima kasih buat SEMPOA SIP MUARA KARANG dan juga buat Ms.Evy sebagai gurunya yang telah dengan sabar membimbing Bianca sampai level sekarang ini (intermediate 1) dan saya berharap dia bisa menyelesaikan semua level sebelum dia masuk ke SMP. Semoga Sempoa Sip Muara Karang semakin maju dan semakin berkembang serta dapat menghasilkan anak-anak didik yang berkualitas seperti Bianca anak saya.

Cynthia Santosa
Jakarta Utara
orang tua

Saya adalah orang tua dari winsen n belinda.ank sy kls 4 sd n 3 sd.ke 2 anak sy baru ada 4 bulan mengikuti les sempoa.sy pertama sekali mengenal sempoa dr pameran di taman anggrek.pertama sy sama sekali tdk mengerti apa itu sempoa.maka dr itu marketing sempoa tsb mengenalkan kepada sy apa itu sempoa.bukan itu saja.marketingnya jg menyuruh sy membuat soal 8 digit angka dlm 8 baris.boleh dgn pertambahan maupun pengurangan.sy disrh memakai kalkulator sdgkan dia memakai otak .sy kaget bgt dia mampu menjawab soal tsb dgn bener dlm bebrp detik aja.sdgkan sy yg memakai kalkulator aja tdk bs lbh cpt dr dia yg hy memakai otak buat berhitung.

dari situ sy sangat tertarik sekali n membayangkan apakah nanti anak sy bisa seperti dia?ank sy belinda itu sy tidak suka dgn pel math.melihat angka aja dia blg sdh pusing.mengerjakan soal math sering salah n gak konsen.sdgkan winsen dlm pel math oke.hy terlalu lamban aja.maka dr itu sy memasuki mrk sempoa spy dpt melatih konsentrasi dan meningkatkan kepercayaan diri.serta menyeimbangkan fungsi otak kiri &kanan.ternyata harapan sy lumayan berhasil ank sy menjadi lbh suka pel math n gak gitu takut lg melihat angka dan lbh cpt mengerjakan soal math.mrk jg sangat happy n fun belajar sempoa.terima kasih sempoa.☺

TC.bandengan

widya
jakarta
orang tua

Margareth (Megi) Mengikuti training Sempoa sejak duduk di bangku TK besar. Berawal dari hobby Berhitung & rasa ingin tahu yang besar, Megi berkenalan dengan Sempoa di sebuah pameran pendidikan anak. Biasanya Megi kecil lebih suka mengamati sesuatu dengan berjalan –jalan kesana sini. Tapi entah mengapa, saatu itu perhatian nya tertuju penuh ke metode berhitung baru yang diajarkan kakak pendamping. Yaitu Sempoa. Kami pun heran melihat Megi bisa duduk manis dan konsentrasi. Sejak itu, kami putuskan untuk mendaftarkan Megi ikut kursus Sempoa.

Perkembangannya sangat menarik. Megi menyukai Sempoa dan tekun berlatih. Kecepatan berhitungnya meningkat dan yang luar biasa ketenangan nya bertambah. Megi semakin bisa konsentrasi lebih baik.

Kami semakin mantap untuk melanjutkan kursus Sempoa, setelah mengkuti seminar sempoa yang diadakan valto untuk parent ketika anak2 ikut lomba. Pembicaraan menginformasikan bahwa Sempoa bisa bantu seimbangkan perkembangan otak kanan dan otak kiri. Selain itu, kemahiran ber Sempoa pada saat kecil membangun terbentuknya proses berpikir untuk memecahkan masalah. Jadi berguna sekali untuk masa depan anak. Terutama untuk strategic thinking di masa depan. Jadi belajar Sempao bukan hanya sekedar berhitung. Wah, ini adalah investasi masa depan yang bagus untuk kami.

Hal lain yang buat kami merupakan bonus adalah sikap berani menang berani tidak menang dan mengadapinya dengan berani (bukan pengecut). Semula, anak kami selalu marah jika dalam lomba dia tidak berhasil masuk dalam kelompok pemenang. Karena Valto sering mengadakan lomba, dan semua peserta diberi pengahargaan sebagai pemenang karena berani menghadapi tantangan, anak kami jadi belajar secara positif untuk menerima kemenangan dan belajar bersikap wajar jika tidak menang.

Sekarang anak kami sudah kelas 5 SD, 10 th berarti sudah 5 th belajar dan sekarang di sempoa sdh mencapai grade Intermediate. Dalam pelajaran matematika di sekolah tidak pernah mengalami hambatan, baik secara konsep maupun hitungan. Hampir setiap ulangan nilanya di sekitar 90-100. Anak kami sangat menikmati kursus sempoa sampai sekarang. Berangkat kursus selalu dengan antusias.

Terima kasih valto.

Terima kasih Sempoa.

Salam,

Leny Setiawati
TC Golden Madrid BSD
orang tua

Annabella Charlene Huang (Ella) Started Sempoa on 06 July 2011; she was only 4 years 2 months old and was in her Kindergarten 1 back then.With her tiny and delicate dingers, she could hardly hold her Sempoa together with her pencil firmly.

Ella’s father was the one who strongly insisted for Ella to join Sempoa. His reason was to enable Ella to calculate fast and accurately by the Sempoa method. I first doubted Sempoa and thought: “ How can an ancient Abacus Method be used in today’s modern life for calculating?”. But after having Ella joined Sempoa, I was wrong to doubt the credibility of Sempoa. Sempoa’s method of calculating numbers have proven to be useful for the character building as well as the development of the brain of the child.

In only a few months time, with the help of her caring and dedicated coach, Ella was able to grasp the Sempao method. Of calculating number fluently. On November 13, 2011, with only 4 months of tuition, Ella won 3rd place for her first Sempoa competition in the Junior B level.

Ella has been a soft spoken and shy girl. But, ever since Ella Participated in Sempoa competitions as well from her frequent on stage experiences in school, Ella boosted her self confidence on the fast lane. Ella was like the “walking calcutator” where she was able to calculate numbers fast and accurately in her mind. We tend to ask Ella to help calculate whenever we need some things to be calculated fast. In addition, with the frequent speed writing practices in Sempoa. Ella is able to write fast and near in both numbers as well as alphabets.

Participating in numerous Sempoa Competitions have also made Ella to be in control under pressurized situations. Ella is able to control her fear and nervousness in most situation. Her achievements as the Absolute Winner for F2 level (20 October 2012) and as the 1st place winner in BOBNAS (27 June 2013) for F3 level as well as her achievemens in school since Pre-School until today, have made Ella the spotlight student of the year in her school.

As Parents of Ella, we feel that we have made the correct decision to have Ella Learned Sempoa from a young age. It has helped her tremendously in building her confidence, self-control and concentration in which she needs to face in her everyday lives. Thank you, Sempoa!

parents of ella
TC Kesehatan Raya
orang tua

Sempoa... SIP... SIP....SIP.... Anak saya, Marvella, 3SD. Pertama tidak terpikirkan oleh saya untuk memasukkan les Sempoa. Saya tidak tahu belajar apa itu sempoa? Saya berpikir ah... ga ada guna, disekolah tidak terpakai, emangnya mau jualan obat china, pake belajar sempoa segala. Tetapi atas saran teman, dia bilang bagus loh sempoa..itu dasar berhitung, jadi anaknya daya konsentrasinya bagus. Saya masih tak percaya. Sampai suatu hari saya melihat pameran dan lomba, melihat dengan mata sendiri seberapa cepat anak mengerjakan soal berhitung dalam hitungan menit. Pikir saya wah jago bener tuh anak..Bener juga apa yang temen saya beritahu. Sejak saat itu saya berpikir untuk memasukkan anak saya ke Sempoa SIP.. Pas waktu itu lagi ada pameran, anak saya diajarkan menggunakan alat sempoa, bermain memasangkan kartu, anak saya tertarik dan langsung saya tidak berpikir panjang lagi untuk mendaftarkan anak saya ke Sempoa..

Marvella mulai belajar di Sempoa Sip saat kelas 1. Saat pertama di Sempoa, Vella diajarkan brain gym, mengenal manik, mengenal operasi dasar berhitung.. Waktu demi waktu berlalu, perkembangan berhitung anak saya pun mulai kelihatan.. Saya mengikuti setiap kali ada perlombaan... bukan menang yang dicari tapi bagaimana anak bisa berani maju, bisa menampilkan kemampuan terbaik yang ia miliki. Alhasil disetiap perlombaan, tidak disangka dia bisa berhasil menang.. itu merupakan kebanggaan tersendiri buat dia... Dia termotivasi, kok dia bisa saya ga bisa....itulah yang menjadi motivasi dia untuk maju... Saya, sebagai orangtua mendukung anak, tidak ada kata tidak sempat, tidak ada waktu, ajaklah anak untuk latihan dan latihan terus. Dengan sering latihan, sekarang Vella malah hobi di Sempoa. Sampai akhirnya dia bisa masuk Best of the Best Student Competition 2014.. bangga sekali...hasil kerja keras tidak sia sia..


Selama mengikuti les di Sempoa, konsentrasi anak lebih maju.. bukan hanya di matematika saja.. tapi untuk semua pelajaran.. Disekolah pun menjadi juara kelas. Bahkan guru sekolahnya kaget melihat gerak tangan Marvella saat menghitung.. itu tangan lagi ngapain?Saat ulangan, teman temanya menggunakan kertas buram untuk menghitung, dia hanya menggunakan gerak tangan yang cepat. Menghemat waktu dan menghemat tenaga. Ini semua berkat didikan guru guru sempoa yang sabar mendidik, melatih dan juga mengajarkan bagaimana bisa memaksimalkan potensi anak. Guru gurunya baik, gokil, jika masih belom dimengerti pasti akan dijelaskan kembali.. Teman teman pun baik, walaupun ada juga yang bandel.. tapi itulah anak- anak.. walaupun demikian, guru gurunya bisa menghadapi anak-anak itu.. Top Marketop buat guru gurunya..

Terima kasih Sempoa SIP dan para coach.. yuk ayu...encang encing enyak babeh, ga bakal nyesel deh masukin anak ke Sempoa SIP...

Yani Suliwaty (Ortu Marvella Calysta, I1) T.C Pluit

Yani Suliwaty( Ortu Marvella)
Jakarta
orang tua

Awal ketertarikan saya pada pendidikan Sempoa adalah sebenarnya saya melihat banyak sekali manfaat dari Sempoa terutama untuk pelatihan otak anak dan kebetulan saya memiliki 3 orang anak yang usia-usianya cocok untuk mengikuti pelatihan Sempoa. Setelah menghubungi pihak Sempoa SIP, saya mendapatkan informasi bahwa ternyata tersedia juga paket usaha Sempoa SIP. Karena kebetulan saya memiliki sebuah ruko yang belum dipergunakan maka, saya langsung mengambil keputusan untuk mencoba usaha kursus Sempoa.

Usaha ini mulai saya rintis bersama dengan seorang teman baik (Ms. Vonny) pada bulan Mei tahun 2006. Tantangan awal yang saya hadapi yaitu kendala sumber daya manusia, karena tidak mudah untuk mencari staf dan juga guru yang berdedikasi tapi juga harus suka bergaul dengan anak-anak. Sehingga pada awalnya saya dan Ms. Vonny mencoba terjun sendiri dan mengajar anak-anak.

Selain mengajar saya juga menangani pekerjaan administrasinya dan pemasaran sendiri. Rasanya sibuk sekali, karena semua pekerjaan harus kami berdua tangani, selain itu kami juga harus membagi waktu untuk keluarga masing-masing. Namun seiring dengan berjalannya waktu kami mulai mendapatkan staf tenaga adminitrasi dan kemudian mendapatkan seorang guru yang bisa diandalkan. Saya sangat beruntung karena mendapat guru yang sangat berdedikasi dan mengajar dengan sepenuh hati.

Setelah kursus semakin berkembang, dan semakin bertambahnya jumlah anak yang belajar Sempoa, saya dan Ms. Vonny merasa bahwa kami memerlukan seseorang yang bisa mengatur kurikulum dan menjadi coordinator guru dalam memantau kualitas pengajaran, agar kami bisa lebih mengatur waktu diantara kesibukan kami sebagai ibu rumah tangga dan pengembangan kursus Sempoa ini. Saya menemukan bahwa orang tua dari salah satu anak didik saya sangat energik dan memiliki visi yang sama dalam menjalankan usaha pendidikan ini, yaitu Ms Nunik. Jadilah kemudian Ms. Nunik bergabung bersama dengan saya dan Ms. Vonny dan kami bertiga menjalankan usaha ini sampai sekarang. Kunci utama kami adalah mendisiplinkan diri untuk mengerjakan sesuatu pada waktunya dan tidak menunda pekerjaan.

Dalam mengembangkan usaha Sempoa SIP ini, kami memang tidak banyak mengadakan pameran di sekolah-sekolah ataupun membagikan flyer. Hal ini dikarenakan banyak bantuan dari orang tua murid yang merasakan sendiri manfaat dari sempoa untuk anak-anak mereka, mengenalkan manfaat sempoa ini kepada teman-teman mereka. Kami sangat bersyukur karena dengan bantuan banyak orang tua murid tersebut, kursus ini semakin berkembang sekaligus kami semakin mempunyai teman yang banyak.

Usaha ini mengantar kami untuk berkesempatan pergi keluar negeri serta ke beberapa daerah di Indonesia dalam mengantar anak-anak didik kami berlomba. Secara pribadi saya melihat betapa masih banyak talenta yang dimiliki anak-anak yang dapat dikembangkan.

Impian saya yaitu membuka cabang di tempat yang lain, sehingga makin banyak anak-anak di Indonesia ini yang bisa mendapatkan manfaat dari Sempoa. Selain itu saya juga senang bisa menambah banyak teman baru lagi.

Pesan saya kepada generasi muda:

Beranilah mencoba dan memulai usaha dengan tekun. Saya mengalami sendiri bahwa ketika kita bersungguh-sungguh dalam menjalankan sesuatu, pasti ada hasilnya. Jangan mudah putus asa, karena dari pengalamanlah kita semua belajar. Saya pernah membaca bahwa Thomas Alfa Edison berhasil menemukan bola lampu setelah percobaannya yang ke seribu. Apa jadinya seandainya dia berhenti mencoba setelah gagal pada percobaan yang ke 999 ? Pasti dunia kita akan sangat berbeda saat ini.

Salam hangat dari saya,

YENTY

Yenty
Jakarta Barat
director

Saya mengikuti kursus sempoa di Sempoa Indonesia Pratama (SIP) sewaktu kelas 2 SMP.Waktu itu , saya diajak oleh teman saya yang telah kursus di SIP. Dari sekedar ikut-ikutan itu saya mulai belajar sempoa di SIP. Pergaulan saya semakin bertambah dengan hadirnya teman-teman baru di SIP. Teman-teman di SIP adalh teman dengan percaya diri yang tinggi yang mungkin mereka dapat dari kompetisi yang sering diadakan SIP. Hal yang paling mengesankan selama saya bergabung di SIP adalah bimbingan dari pembimbingnya .

Di SIP saya selain mendapatkan keahlian dalam berhitung menggunakan sempoa, saya juga dibina dan dibimbing untuk memiliki pikiran yang positif, menjadi seseorang yang kritis dan selalu melakukan yang terbaik. Saya dibimbing dan dimotivasi bagaimana menjadi seorang pemenang dan tidak takut akan persaingan. Saya mendapatkan berbagai pengetahuan yang sangat berguna dalam membangun kepribadian saya pada saat remaja dari kepribadian yang negatif menjadi positif. Pembimbing saya merupakan guru serta teman terbaik saya. Beliau bukan hanya mengajarkan saya tentang sempoa saja, namunjuga mendidik saya bagaimana menjadi orang yang berguna bukan hanya untuk diri sendiri dan keluarga saja tapi berguna juga untuk orang lain. Saya terus mengikuti kursus hingga SMA.

Sewaktu SMA, saya berhasil menjadi salah satu siswa unggulan Kota Binjai tahun 2004/2005. Selain itu, saya juga berhasil menjadi mahasiswa Universitas Sumatera Utara melalui jalur Pemanduan Minat dan Prestasi (PMP). Teknik sempoa yang telah saya pelajari sangat bermanfaat bagi saya dalam perkuliahan, terlebih lagi saya memilih fakultas ekonomi jurusan akuntansi. Jurusan yang menuntut mahasiswa harus berhitung dngan cepat dan cermat. Tahun 2009 saya meneruskan pendidikan saya sebagai perencana keuangan dan memperoleh gelar profesi CFP.

Sekarang sya meneruskan bekerja sebagai Financial Advisor di PT Panin Life. Harapan saya adalah agar semua orang tua berpikiran terbuka tentang kursus tambahan sempoa di SIP. SEMPOA SIP bukan hanya tempat untuk menuntu ilmu dalam hal berhitung menggunkan sempoa, namun juga tempat untuk mengembangkan diri anak didiknya yang nantinya membentuk mental dan kepribadian yang unggul

Herry Sukamto

alumni

Awalnya Dennis adalah anak yang pemalu, tetapi setelah masuk SEMPOA SIP kepercayaan dirinya semakin bertambah. Konsentrasi, daya ingat, dan daya serapnya di sekolahpun menjadi lebih bagus. Sekarang Dennis sudah Foundation 3. Disemua mata pelajaran baik disekolah, maupun di les-les bahasa asing semuanya juga mengalami peningkatan.

Dia juga mengenal matematika dasar (+, -, x, :) dan menghitung tanpa alat bantu terutama untuk operasi + dan -. Sementara Shintya, adiknya yang masih belajar di level Junior sudah bisa menyebutkan harga-harga, ribuan, bahkan puluhan ribu jika sedang ke supermarket. Daya serapnya semakin bagus dan bakat-bakatnya dibidang lainpun semakin terasah.

Orang Tua Dennis Rhardja dan Shintya Rahardja, Jak

orang tua

Mandy les sempoa sejak di bangku TK. Waktu itu ia masuk di level junior. Berdasarkan pengamatan saya, sejak dulu banyak anak sekolah yang tidak suka pelajaran math. Tujuan saya memasukkan Mandy di les sempoa adalah agar Mandy tidak mengalami math phobia karena math adalah mata pelajaran penting yang selalu diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Mandy sangat antusias mengikuti les sempoa. Dia rajin berlatih azas dan dengar hitung di rumah sehingga ketelitian dan kecepatan berhitungnya bertambah pesat. Mungkin ini yang membuat prestasi Mandy di tiap lomba sempoa sangat baik. Apalagi Sempoa SIP sering mengadakan lomba sehingga Mandy sejak kecil dilatih berkompetisi secara benar . Mandy menjadi sangat percaya diri, terutama di sekolah. Bukan cuma pelajaran Math yang hampir selalu mendapat nilai sempurna, prestasi di pelajaran lain juga luar biasa. Ternyata, apa yang Mandy dapatkan melalui kursus sempoa selama 4,5 tahun, melebihi perkiraan saya.

Kecintaan dia terhadap pelajaran Math, meningkatnya kesadaran dia untuk berlatih keras untuk mencapai prestasi terbaik, kepercayaan diri yang sangat tinggi dan tidak pernah takut berkompetisi, membuat Mandy menjadi anak yang berprestasi dan bertanggung jawab.

Ibunda Amanda Kathleen Budianto
Jakarta
orang tua

Ricardo belajar sempoa sejak tk B akhir mulai dari level junior sampai sekarang sudah selesai Adv C. Mulanya dia susah berkonsentrasi dan anak yang pemalu, berkat belajar sempoa Ricardo mampu berhitung cepat dan memiliki konsentrasi yang bagus sehingga mudah dan cepat dalam proses belajar baik memahami maupun menghafal. Tidak hanya nilai matematika yang bagus, dalam pelajaran lainpun nilainya bagus.

Anak saya suka tantangan dan semangat mengikuti berbagai kegiatan seperti lomba-lomba yang diadakan sempoa di tingkat wilayah, nasional, dan menjadi wakil Indonesia dalam ajang sempoa International ( Ikut lomba di Filipina, Malaysia, Singapore,China, demo sempoa di Vietnam, dan terakhir mengikuti Soroban Camp di jepang ).Sebagai Orang tua saya merasakan sempoa bukan hanya sebagai kursus biasa tapi sangat bermanfaat juga untuk membentuk kecerdasan dan kepribadian anak untuk lebih mandiri dan percaya diri.

Meliana

orang tua
CERITA PENGALAMAN SERU ANDA
Anda dapat menuliskan dan bagikan pengalaman Anda bersama SEMPOA SIP dibawah ini
Lampirkan Foto